Friday, 24 August 2012

JUTAWAN SEDERHANA


  Entis Sutisna alias Sule semakin hari semakin gemerlap. Dia menjadi salah satu pelawak termahal dengan penghasilan Rp 1 miliar setiap bulannya. Padahal, beberapa tahun lalu ayah tiga anak ini hanya sebagai penjual jagung rebus keliling kampung, pedagang ayam goreng dan kebaya.
Karier pria kelahiran Cimahi, 15 November 1976, ini mulai bersinar setelah sukses memenangi lomba Audisi Pelawak TPI (API) bersama grup lawak SOS. Hanya setahun setelah itu, nama Sule mulai diperhitungkan.
Namanya terus melambung ke jajaran pelawak papan atas yang penghasilannya melebihi pelawak papan atas lain seperti Komeng. Penghasilannya lebih dari Rp 1 miliar sebulan didapat dari beberapa stasiun televisi, antara lain, hasil dari acara Opera Van Java di Trans7 dan Awass Ada Sule di Global TV.
Sule yang pernah dibimbing pelawak senior Kang Ibing ini sudah memiliki bakat melawak sejak kelas 3 SD. Kala itu Sule kecil sering tampil di acara Agustusan. Ayah dari Rizki (12), Putri (8), dan Rizwan (2) ini selain melawak juga dikenal pintar menyanyi dan pandai membanyol atau melucu. Alumnus STSI Bandung ini juga memiliki kekhasan dalam penampilan, yakni rambutnya yang panjang berwarna pirang sehingga bisa melengkapi karakternya.
Kini Sule sudah menjadi miliarder dengan hartanya berupa lima rumah di Bandung dan Jakarta, dua mobil, serta dua sepeda motor. Baru-baru ini, Sule mengaku bersyukur karena Tuhan telah memberi jalan.
Siapa sangka, kata dia, dulu saat baru menikahi Lina (32) pada tahun 1997 dia tinggal di rumah kontrakan petak.
Penghasilannya dari melawak hanya Rp 20.000 sehari sehingga, agar dapurnya bisa tetap ngebul, Sule nyambi berdagang ayam goreng dan berjualan kebaya.
Masa-masa sulit bagi Sule tinggal kenangan. Kini pelawak yang serba bisa ini sudah menjadi miliarder. Opera Van Java adalah salah satu acara yang menghasilkan banyak uang bagi Sule. Dari acara ini, sekali tampil Sule memperoleh penghasilan Rp 50 juta atau naik dibanding sebelumnya yang Rp 20 juta-Rp 40 juta.
Pemilik rambut gondrong dan pirang ini terkenal dengan gaya khasnya, yakni kalau mendengar musik jaipongan langsung dengan reflek joget sehingga sering mengundang orang tertawa. Rupanya gaya khasnya itu lalu menjadi tambahan karakter Sule.
Nekat ke Jakarta beberapa waktu lalu, Sule mengaku bercita-cita menjadi pembawa acara berita televisi sehingga nekat pindah dari Jawa Barat ke Jakarta. Berbekal keahlian menari, dia mencoba mengadu nasib di Ibu Kota. Alumnus STSI Bandung ini kemudian berkelana dari satu tempat ke tempat lainnya di Jakarta.
Kesempatan mengikuti Audisi Pelawak Indonesia (API) di TPI bersama Ogi Suwarna dan Obin Wahyudin adalah jalan pintas menuju sukses Sule. Tidak sampai setahun setelah menjuaraiSuperstar Show, sebuah acara duet selebriti di Indosiar, karier Sule pun terus menanjak.
Namanya pun masuk dalam jajaran pelawak papan atas. Tahun 2009 dan 2010 adalah tahun-tahun keemasan bagi Sule. Kini Sule sudah layak disejajarkan dengan Tukul Arwana, Komeng, Eko Patrio, Parto, ataupun Olga Syahputra yang sempat dinobatkan sebagai Lima Pelawak Termahal Indonesia.
Seperti Komeng, Sule mempunyai kemampuan spontanitas lelucon yang tergolong sangat responsif, cepat, kreatif, dan bagus. Dalam tampilan di panggung juga punya kemampuan blockingyang lumayan. Sule termasuk salah satu pelawak yang punya karakter melucu yang kuat dan unik.
Bakat melawak Sule ini berasal dari ayahnya yang penjual bakso keliling. Ayahnya selalu membanyol dan membuat para pembeli baksonya tertawa. Akan tetapi, Sule mengawali naik panggung bukan dengan lawakan, melainkan sebagai pemain musik. Meski sudah sangat terkenal, Sule masih memendam cita-cita untuk go international walau tak pandai bahasa Inggris.
Kendati telah bergelimang harta, ternyata tak semua artis hidup bermewah-mewah dan mengaku ingin tetap hidup sederhana. Suzuki APV masih menjadi kendaraannya setiap hari akan shooting.Kini Sule pun sudah memiliki bisnis di Bandung berupa salon, warnet, toko pakaian, ponsel, dan studio musik. Pria pencetus ucapan "prikitiw" itu tetap betah menempati tempat tinggalnya terdahulu, sebuah kamar kos di kawasan Jakarta Selatan.
Sebagai seorang pelawak, Sule memang tak ada matinya. la selalu bercanda dan tertawa lepas saat berada di lokasi shooting dan sering mengagetkan banyak orang dengan ulahnya yang konyol untuk menghibur. Sule tetap ingat saudaranya dan membagi-bagi rezeki juga untuk adik-adiknya. Sule merupakan anak kedua dari empat bersaudara. (tribunnews.com/vn)

Sumber :Detik

Sunday, 19 August 2012

Sule Hanya Izinkan Anak Syuting Saat Libur sekolah

Jakarta - Saat ini, Diky, anak pelawak Sule sudah mulai mengikuti jejak sang ayah untuk terjun ke dunia entertainment. Namun, Sule hanya mengizinkan si anak syuting di hari libur.
Belakangan ini, Sule sering mengajak anaknya tampil di serial 'Saung Sule'. "Syutingnya tapping, dia cuma boleh di hari libur aja," tutur Sule saat ditemui di Gedung Trans, Tendean, Jakarta, Selasa 
Sule mengungkapkan anaknya sudah mulai tak canggung saat berakting di depan kamera. Tapi, menurutnya, Diky masih harus berlatih lebih keras lagi.
"Mulai ada keberanian, sudah mulai bisa, tektoknya nggak canggung lagi. Kalau dia lupa, saya kasih tahu. Saya juga kadang-kadang dikasih tahu ama dia," jelasnya.
Dalam waktu dekat ini, Sule dan Diky juga bakal merilis single duet mereka yang bertajuk 'Papa Telepon'.

Sule terlihat antusias dengan penampilan anakny di cara saung sule itu sukses untuk sule dan diki

Saturday, 18 August 2012

»Selamat Idul Fitri 1433 H«


UPDATE keimanan kita dan SCAN keburukan kita dengan KETAQWAAN instal ulang kelakuan kita dengan PUASA biar bebas dari segala VIRUS DUNIA
MINAL AIDIN WALFAIDIN nano sekeluarga mohon maaf lahir dan bathin


1 MILLIAR PERBULAN PENGHASILAN SULE

JAKARTA (EKSPOSNews):  Cerita mengenai Entis Sutisna (Sule) memang tak ada habisnya. Sebagai komedian tersukses, karier Sule kian bersinar, mulai dari melawak, bernyanyi, bermain film, hingga bintang iklan. Dari penghasilannya itu, Sule dapat menambah setidaknya Rp1 miliar per bulan. Wajar bila komedian asal Bandung, Jawa Barat itu masuk dalam kategori artis terkaya. Tercatat, dia memiliki tujuh rumah mewah di Jakarta dan Bandung.Sekilas, kondisi itu dapat terlihat dari mobil mewah yang dibawanya. Tapi di balik itu, kekayaan Sule meliputi tujuh rumah mewah di Jakarta dan Cimahi, Bandung. Saat ditanya kebenarannya, Sule tak membantah hal tersebut."Sebetulnya bisa dikatakan itu invest, tapi itu secara kebetulan juga, menolong orang juga. Kayak yang di Cicalengka, istilahnya dia pinjam uang terus bayar pakai rumah. Ya sudah tiga, empatlah yang di Cicalengka. Di Panyalawengan satu, di Cimahi dua. Tapi kalau yang di Jakarta itu saya suka bentuknya, terus pas ditawari saya suka nomornya 16, enam tambah satu tujuh, saya suka nomor tujuh," kata pria 36 tahun itu.Total, hanya Sule sendiri yang mengetahui pasti berapa jumlah harta kekayaannya. Selain rumah, investasi anak tukang bakso ini pun berupa tanah.

kang sule meskipun sudah jadi miliaders tapi hidupnya tetap sederhana dan tak sombong"Alhamdulillah di Subang juga saya ada, 2.800 meterlah. Cuma saya belum lihat sampai sekarang. Gue harus banyak tanah buat entar, memang bagus seperti itu, tapi kita tergantung bagaimana me-managenya. Kalau kita beliin banyak tanah, tapi tidak bisa mengurusnya, belum bayar ini itu, maksudnya step by step," jelasnya.Sule pun memberi modal sang istri, Lina, untuk membangun kerajaan bisnis. "Dia membuat salon, dia bikin sketsel,kayak nyewa-nyewain kursi untuk orang hajatan. Kadang beli sembako, kayak buat skincare, tahulah itu urusan cewek. Ya saya sih positif, walaupun mengeluarkan uang banyak, tapi untuk masa depan," tutupnya. (okezone)


Friday, 17 August 2012

SULE YANG DI TONTON 1 JUTA KALI

INILAH.COM, Jakarta - Sule memang menjadi salah satu komedian paling digemari saat ini. Tidak saja di teve saat tampil di acara Opera Van Java (OVJ), di Youtube, Sule pun digemari.
Buktinya, video di Youtube dengan judulSule Irama yang diunggah pada 4 Oktober 2011 telah ditonton sebanyak satu juta kali. Angka ini bisa dibilang luar biasa.
Video yang diambil dari sebuah acara pencarian bakat di Indosiar itu, Sule bernyanyi dan bergaya ala Rhoma Irama. Dengan rambut, jenggot, gitar dan kostum mirip Rhoma Irama, Sule dengan fasihnya membawakan beberapa lagu hits Rhoma seperti Pengorbanan dan Perjuangan dan Doa.
Meski menjadi Rhoma Irama, Sule tidak bisa hilang dari kelucuannya. Ketika membawakan lagu Pengorbanan, Sule yang menggetarkan suaranya, tiba-tiba suara Sule tersangkut ditenggorokan. Hal itu membuat penonton di studio terbahak-bahak.
Dengan jumlah penonton satu juta kali, Video Sule Irama boleh dibilang luar biasa. Untuk perbandingan, video asli Rhoma Irama saja tidak ada yang ditonton mencapai 500 ribu kali

Dan alhamdullilah saya sebagai penulis blog sekaligus pemerhati sule tiap hari saya merasa bangga karena teman main lawak saya sewaktu kecil aep yang dari tasikmalaya tepatnya pondok pesantren suryalaya ikut di ajak maen yang menang di acara tpi API 3 walaupun sebentar muncul di tivinya tapi saya sungguh sangat bangga sama k sule sudah mengajaknya.semoga untuk kedepannnya bisa sukses dan di kenal kalangan publik sekaligus bisa mengagkat harkat derajatnya..amien

Thursday, 16 August 2012

LEBARAN SEKARANG SULE TOLAK SEMUA JOBB

Tidak bisa menghabiskan waktu bersama keluarga di bulan Ramadan ini membuat komedian Sule merasa bersalah. Maka di momen hari Raya Idul Firi atau Lebaran ini Sule sudah bertekad untuk menolak semua tawaran kerja yang datang kepada dirinya. inikah bentuk rasa bersalah Sule atas kesibukan yang ia jalani selama bulan Ramadan? Yuk simak di sini!

Sunday, 12 August 2012

SULE INGIN TERUS BERKARIER

(IANN News) Jakarta - Dunia hiburan tampaknya sudah menjadi bagian dalam hidup Sule. Meski gara-gara kebanjiran job Sule sampai tak pernah sahur dan berbuka bersama keluarga, dengan tegas komedian itu menyebutkan dirinya tak ingin beristirahat dari dunia hiburan.

"Karena saya tujuannya ibadah," ujarnya saat ditemui di kawasan Cikarang, Bekasi, Kamis dini hari, 2 Agustus 2012.

Apalagi, saat ini ia sudah punya penerus, yakni anaknya sendiri. Rizky, anak Sule, sekaligus sebagai kawan berkiprah di dunia hiburan.

"Senang Ramadan ini bisa duet bareng anak. Beda sama Ramadan sebelumnya," kata wayang OVJ itu.

"Ini yang paling berkah dari Ramadan tahun ini. Saya bisa ketemu langsung sama anak saya, istri dan anak saya yang lain juga datang ke sini," ujarnya menambahkan.

Menurut Sule, kesibukan yang membuatnya selama ini jarang sahur dan buka bersama keluarga, merupakan risiko pekerjaan yang harus dijalani dengan ikhlas. Bukan hanya setelah menjadi artis berskala nasional ia harus meninggalkan keluarga.

"Dulu waktu masih skala lokal juga sering nggak sahur dan buka di rumah buat cari uang sekolah anak," ujarnya.

Yang penting, ujar Sule, ia tidak mengambil job saat liburan. Itu waktu khususnya bersama keluarga. Rizky sendiri mengakui dirinya kehilangan figur seorang ayah karena kerap ditinggal Sule.

"Biasanya bareng, terus ditinggal. Tapi sekarang sudah beda," ujar Rizky yang malam itu juga mengisi acara bersama sang ayah.

Sule pun senang dirinya punya penerus. "Hidup itu untuk mati. Tapi sekarang saya punya penerus. Yang bakal meneruskan lagu-lagu saya, ya dia. Dia bisa segala macam musik, mau pop Sunda atau rock. Tapi paling suka R&B," kata Sule.
PA USMAN PA USMAN HEHEH

Wednesday, 8 August 2012

SULE YANG HEBOH DI ACARA OVJ SAHUR


Di acara sahur yang di tayangkan trans7 tiap hari sule berhasil menghibur penonton yang di studio maupun yang di rumah,sule menjadi sosok kakek kakek pa Usman yang lebih menggelikan tiap hari ada sajah idenya dari mulai pake tongkat yang paling pendek sampai tongkat yang paling panjang dan memakai sepatu yang ga lazim yang justru mengundanf penonton tertawa tak terkecuali saya sendiri
Di acara curhatnya mpo nori Sule mampu membuat penonton tertawa tak terkecuali Nunung rekan sepanggungnya yang tertawa terbahak bahak sampai terkencing kencing di celana melihat tingkahnya sule.
sosok pa Usman mampu membuat ovj tertawa terbahak sampai tak ada habisnya...

SULE SANG JUTAWAN SEDERHANA

Jutawan Sederhana 
Kini kehidupan Sule berbeda. Ayah dari Rizki (12), Putri (8), dan Rizwan (2), ini memiliki lima rumah di Bandung dan Jakarta, dua mobil, serta dua sepeda motor. Kendati telah bergelimang harta, ternyata tak semua artis hidup bermewah-mewah. Pelawak Sule misalnya, yang mengaku ingin selalu hidup bersahaja.Kini, ayah tiga anak ini menerima bayaran Rp 4 juta untuk satu episode OVJ. Dengan perhitungan 6 episode setiap minggunya, Sule mengantongi lebih dari Rp 90 juta per bulan. Bulan Ramadan lalu menjadi momen paling menguntungkan bagi Sule. OVJ tayang dua kali sehari. Untuk acara OVJ sahur, pemain dibayar dobel. Alhasil, dalam sehari Sule bisa mengumpulkan Rp 12 juta. Itu belum termasuk honor presenter dan sebagainya. Jika dikalkulasi, lebih dari Rp 100 juta masuk ke rekening Sule setiap bulannya. 

Uniknya, gelimang harta tak membuatnya silau. Mobil yang setiap hari mengantarnya syuting masih mobil yang sama dengan yang dipakainya empat tahun lalu, sebuah Suzuki APV. 
Untuk investasi Sule lebih memilih mengoleksi rumah. Pria yang mempersunting Lina 12 tahun silam ini sudah memiliki empat rumah di Bandung yang digunakan sang istri sebagai tempat usaha. “Aku sudah punya salon, warnet, toko baju dan toko jual-beli ponsel. Sekarang mau bikin studio musik,” lanjutnya. Pria pencetus ucapan “prikitiw” itu tetap betah menempati tempat tinggalnya terdahulu, sebuah kamar kos di kawasan Jakarta Selatan. 

Layaknya anak kos, sejumlah barang milik Sule tergolong sederhana. Kasur tipis, televisi 14 inci, tempat minum galon, dan lain sebagainya menghiasi kamar kos. “Itu jam dinding gua beli Rp 40 ribu,” ujar Sule sambil. Sebagai seorang pelawak, Sule memang tak ada matinya. Pria berambut kuning panjang itu selalu bercanda dan tertawa lepas. Saat berada di lokasi syuting, ia melakukan berbagai aksi jail seperti mengagetkan orang, menggoyang-goyangkan tangga, bahkan melempar sang penulis skenario ke kolam. “Hahaha, sini, sini,” kata Sule sambil menarik baju seorang kru film. 

Solider Teman 
Semakin terkenal, semakin tebal pula kantong Sule. Penghasilan ini bukan hanya untuk istri dan anak-anaknya, melainkan dibagi juga untuk adik-adiknya. Anak kedua dari empat bersaudara ini juga tidak segan membantu kedua temannya yang dulu sama-sama tergabung dalam grup lawak SOS. Bahkan, menurut Sule, tidak jarang secara diam-diam dia membantu Oni agar rekannya itu bisa mengisi sebuah acara di stasiun televisi. “Tidak hanya bantuan berupa materi saja tetapi juga membuka kesempatan bagi teman-teman saya agar bisa masuk dan terlibat dalam sebuah program acara. Alhamdulillah semuanya bisa terlaksana. Saya juga ingin membagi kebahagian kepada teman-teman saya,” bebernya 

Tuesday, 7 August 2012

SULE SELINGKUH DENGAN MODEL CANTIK

Gosip sule selingkuh terus beredar dan di kabarkan mau cerai dengan istrinya lina.
rumah tangga Entis sutisna dan lina yang terbina kurang lebih 15 tahun belakangan di kabarkan retak dan sosok lina terlihat mondar mandir di pengadilan agama,namun kabar ini di bantah keras oleh komedian ini yang masih menyandang salah satu personil OVJ.
Sule sendiri tetap santai walaupun Gosip yang berdar menerpa Dirinya
Pelawak yang baru saja di karuniai anak ke empat yang bernama FERDINAND ARDIANSYAH SUTISNA menambahkan,termasuk istri dan anak anak ny tetap mensufort mesti dikabarkan selingkuh dengan model cantik..

Monday, 6 August 2012

Sule Pertahankan Penghargaan Komedian Terfavorit

Komedian Sule berhasil mempertahankan gelarnya sebagai komedian terfavorit di ajang penghargaan Nickelodeon Indonesia Kids Choice Awards 2012. Sebelumnya di tahun 2011 Sule memenangkan nominasi ini.
Sule berhasil menyisihkan dua rekannya di Opera Van Java yaitu Azis Gagap dan Andre Taulany yang masuk nominasi tahun ini. Selain itu dia juga menyisihkan Olga yang tahun lalu juga menjadi nominator.
Dengan penghargaan in Sule mengukuhkan sebagai komedian terfavorit di tahun 2012 ini. Selain itu Sule membuktikan sebagai komedian yang bisa menghibur segala usia, seperti saat dia tampil di Opera Van Java anak-anak.
Acara yang digelar di Mahaka Square (Britama Arena Sports Mall) Jl. Kelapa Nias Raya Blok HF-3 Kelapa Gading Jakarta ini berlangsung sangat meriah. Beberapa penampil membuat penonton yang rata-rata anak-anak ini histeris. 

Saturday, 4 August 2012

SULE RELA TIDAK SAHUR BARENG KELUARGA DEMI CARI NAFKAH


 Sebagai kepala keluarga, Entis Sutisna atau Sule bekerja keras menghidupi keluarganya.
Ia sampai mengorbankan waktu bersama istri dan anak-anaknya menikmati santap santap sahur sebulan penuh. Ia harus mengisi acara untuk tayangan televisi, di bulan suci Ramadan.
Kenyataan itu membuatnya sedih. Namun, ia tidak punya pilihan selain melakukannya supaya anak-anaknya bisa terus bersekolah dan mewujudkan cita-citanya. Baginya, hal itu merupakan risiko dari pekerjaannya.
"Sedih, tapi ini risiko. Yang penting jalani dengan ikhlas. Ini enggak hanya skala nasional, lokal pun dulu begitu, jarang pulang untuk biaya sekolah anak-anak," ucapnya, saat ditemui di acara Konser Kemuliaan Ramadhan RCTI, di kawasan Bekasi, Jawa Barat.
Makanya, komedian yang beken setelah main dalam Opera van Java itu, sangat senang karena dalam acara tersebut bisa duet bareng anaknya, Rizky Fabian Ardiansyah. Dalam kesempatan tersebut, ia juga bertemu keluarganya.
"Yang paling berkah saya bisa duet dan ketemu langsung dengan anak saya, istri saya, semuanya datang ke sini," ucapnya. Namun, saat Lebaran ia tidak akan menerima pekerjaan. Sebab, ia kepengin meluangkan waktunya bersama keluarga di hari bahagia tersebut.

Friday, 3 August 2012

SULE DI ANGGAP MELECEHKAN UMAT ISLAM


Banyolan komedian Entis Sutisna atau Sule di tayangan live Opera Van Java (OVJ) ‘Sahur Ramadhan’ di stasiun televisi Trans7 dinilai telah melecehkan umat Islam.
Sule yang memerankan adegan sebagai seorang ustadz dinilai melecehkan Islam. Pasalnya, Sule yang mengenakan pakaian Muslim, masih tetap mengenakan anting di telinga sebelah kiri. Padahal, Sule berperan sebagi ustadz yang memberikan ceramah agama.
Protes atas tayangan OVJ ‘Sahur Ramadhan’ disampaikan seorang warga bernama Iskandar. Iskandar bahkan telah mengirimkan surat ke Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), Rabu (01/8). Menurut Iskandar, tanyangan itu konyol dan tidak lucu bagi umat Islam. Iskandar juga meminta KPI memperingatkan Sule.
Diberitakan sebelumnya, KPI telah menegur tayangan ‘Waktunya Kita Sahur’ yang disiarkan live stasiun televisiTrans TV. Di salah satu episode, tayangan itudinilai melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran (P3SPS) Tahun 2012.
 Dan menurut saya di acara OVJ sahur yang mengangkat acara Curhatny Mpo Nori tidak mendidik dan sama sekali tidak lucu malah keliatan di buat buat garing ga ada lucunya kayanya ovj tadinya ingin menaikkan popularitas mpo Nori yang ada acaranya malah ga menarik dan keliatannya bicaranya asal asalan yang ga ada lucu2nya buat OVJ tingkatkan mutu kualitas lawakannya ok..

Thursday, 2 August 2012

OVJ TRANS7


Bosan dengan pertunjukan wayang yang ada selama ini? Makanya tonton OVJ (Opera Van Java) pertunjukan wayang yang diperankan oleh manusia.Dalam Opera Van Java, Parto berperan sebagai seorang dalang yang mempunyai wewenang untuk mengatur alur cerita di setiap adegan. Sedangkan para pemain yang bertindak sebagai wayang, harus menuruti semua perintah yang diucapkan oleh dalang, oleh karena itu, para pemain dituntut untuk melakukan improvisasi adegan dan dialog dengan cepat.Selain itu, keunikan program ini adalah alur ceritanya yang hanya diketahui oleh sang dalang, sehingga reaksi dan aksi spontan para pemain Opera Van Javaini akan mengalir dengan sendirinya.Yang lucu dan menarik dari program ini adalah para wayang dapat protes jika merasa gak sreg dengan perintah/petunjuk dalang. Parto Patrio yang memerankan tokoh dalang memang suka ngasih perintah yang aneh-aneh, misalnya nangis sampai berguling-guling atau marah sambil melotot ke kanan dan kiri yang notabene harus diikuti oleh wayang.Selama pertunjukan wayang manusia ini berlangsung, Parto akan ditemani oleh sinden yang akan memberikan komentar terhadap para pemain serta menyanyikan beberapa buah lagu dengan gaya khas seorang sinden, sedangkanSule, Andre, Aziz ‘Gagap’ dan Nunung akan hadir di setiap episode OVJsebagai pemain wayang tetap.

PROFIL KANG SULE

Entis Sutisna atau sering dipanggil dengan Sulesingkatan dari Sunda Bule karena rambut gondrongnya di cat pirang. merupakan artis indonesia yang berprofesi sebagai komedian indonesia. Lewat kemenangannya di ajang pencari bakat komedian di TPI, melalui Grup lawak SOS lah akhirnya karir Sule Melambung. Sule pun berperan di berbagai acara komedian, seperti OVJ dan Awass ada sule.

Biodata/Profil Sule Opera Van Java
Nama Lengkap : Entis Sutisna
Nama Panggilan : Sule
TTL : -
Profesi : komedian
Pendidikan Terakhir : SMKI, STSI Bandung
Hobi : Melawak, Menyanyi
Kemampuan : Menguasai berbagai alat musik tradisional
Acara Komedi :

Opera Van Java
Awas Ada Sulee